Kamis, 04 Februari 2016

6 Tips & Trik Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Android Dan Tablet



Tidak peduli perangkat mobile apa yang anda miliki, baik smartphone maupun tablet keduanya akan mengalami penurunan performa seiring dengan berjalannya waktu. Ada beberapa alasan yang menjadi faktor dalam hal ini seperti banyaknya aplikasi yang terpasang sehingga proses yang berjalan di background juga ikut bertambah. Jika anda memiliki ponsel atau tablet yang mengalami hal tersebut, 6 tips berikut ini mungkin dapat membantu anda untuk mengembalikan performa android anda agar bisa kembali ke performa terbaiknya.
6 Tips & Trik Ampuh Untuk Mempercepat Android Dan Tablet
1. Uninstall apilkasi yang tidak anda gunakan
Banyaknya aplikasi di android anda akan menambah proses yang berjalan dibelakang background. Hal ini akan memberatkan kinerja memori yang berakibat langsung pada penurunan performa ponsel anda. Jadi jika anda memiliki aplikasi yang tidak berguna atau tidak anda gunakan, maka anda bisa mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Bagaimana cara mencopot pemasangan aplikasinya? silahkan anda cari di kolom pencarian yang sudah kami sediakan disini.

2. Kurangi widget yang anda tampilkan di homescreen
Keuntungan dalam memasang widget adalah widget tersebut dapat membantu dalam mempercepat anda dalam menemukan informasi yang anda cari atau anda bisa langsung mengerjakan suatu tugas tanpa harus mencari aplikasinya tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Namun diwaktu yang bersamaan widget tersebut dapat menguras daya baterai anda lebih cepat dan tentunya akan memperlambat performa ponsel atau tablet anda.

Mengurangi penggunaan widget yang berlebihan akan membantu anda dalam meningkatkan performa android yang anda miliki dan akan membuat daya baterai anda tidak cepat habis tentunya. Anda bisa menghapus widget dari homescreen, caranya dengan menekan dan tahan widget yang ingin anda hapus kemudian drag widget tersebut ke atas layar atau ke icon tong sampah jika ada.

3. Jangan gunakan live wallpaper
Seperti halnya widget, live wallpaper juga dapat memperlambat kinerja android anda. Jadi gunakanlah wallpaper biasa dan jangan gunakan live wallpaper, walaupun live wallpaper lebih menarik. Anda bisa menggunakan wallpaper dengan warna hitam agar lebih efektif dalam menghemat daya.

4. Bersihkan Cache Aplikasi
Cache data dapat terbangun dan menjadi besar seiring serinnya penggunaan dari sebuah aplikasi dan hal ini akan berakibat pada kinerja perangkat anda. Jadi bersihkanlah cache aplikasi tersebut, caranya adalah dengan pergi ke menu setting kemudian pilih "application manager". Namun jika anda menggunakan cara ini maka akan membutuhkan waktu yang lama. Cara tercepatnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Cache Cleaner atau Clean Master, baik keduanya sudah disediakan secara gratis di Goole Playstore.

Untuk lebih lanjut silahkan anda cari : Cara Menghapus Cache Di Android Dengan Aplikasi Cache Cleaner.

5. Menonaktifkan Animasi
Untuk menonaktifkan animasi caranya dengan pergi ke menu Setting -> Developer Mode dan scrool kebawah kemudian pilih "drawing option". Kemdian nonaktifkan Window animation scale, Transition animation scale dan Animation duration scale. Hal ini akan menonaktifkan animasi diperangkat anda jadi ketika anda membuka folder atau aplikasi, maka folder atau aplikasi tersebut akan terbuka lebih cepat ketimbang jika anda mengaktifkan beberapa fitur animasi yang telah disebutkan diatas.

6. Rooting Perangkat Anda
Rooting merupakan cara lain yang bisa anda gunakan untuk mempercepat kinerja ponsel dan tablet android anda. Rooting artinya membuka akses ke fitur baru. Jika ponsel anda sudah ter-root, maka anda bisa melakukan overclocking prosessor, memasang custom ROM dan lain sebagainya. Namun cara ini bisa menghilangkan garansi ponsel anda (jika masih ada). Jika anda masih belum paham mengenai apa itu rooting dan apa kuntungan serta kerugiannya maka anda bisa mencari artikelnya disitus ini pada kolom pencarian. Masukkan saja kata kunci "Apa itu rooting"

semoga bermanfaat ya..

3 komentar:

  1. saya perah juga pake live walpaper. emang terlihat keren tetapi selain boros batray malah bikin lemot...

    BalasHapus
  2. Pengangguran.......................

    BalasHapus