Senin, 25 Januari 2016

Apa Sih Yang Harus Diperhatikan Ketika Belanja Online? Catat 12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Bertransaksi Online Berikut Ini

Apa sih yang harus diperhatikan ketika belanja online? Belanja online sudah menjadi trend gaya hidup modern sekarang ini, dengan berbelanja secara online kita akan lebih menghemat waktu karena kita hanya perlu memilih barang yang kita inginkan kemudian membayarnya dengan mengirimkan uang ke toko online tersebut dan tentunya belanja online bisa kita lakukan ketika kita sedang berada dimanapun, dirumah, ditempat kerja dan tempat umum lainnya. Dengan catatan anda memiliki koneksi internet yang bisa diandalkan.

Namun disamping banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh transaksi online ini terdapat juga celah yang dimanfaatkan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab seperti kasus “Penipuan” yang paling banyak terjadi di sepanjang sejarah belanja online. Untuk itu kita harus selalu waspada terhadap hal-hal yang mungkin saja terjadi ketika kita melakukan belanja ataupun transaksi secara online

Lalu apa yang harus diperhatikan ketika kita berbelanja online?. Jika anda adalah orang yang awam atau belum begitu paham dengan cara berbelanja online dan anda masih takut untuk melakukannya mungkin artikel tentang “Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Kita Berbelanja Online” kali ini bisa membantu anda.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
Hal Yang Harus Anda Waspadai Ketika Berbelanja Online :

1. Berbelanjalah Di Toko Online Yang Sudah Terpercaya
Penting sekali dalam memilih toko online yang terpercaya, saya merekomendasikan anda untuk membeli barang di toko online seperti Blibli.com, Mataharimall, Tokopedia untuk situs Indonesia sedangkan untuk situs luar negeri seperti amazon dan ebay. Selain situs yang saya sebutkan tadi saya kurang begitu percaya karena sudah banyak teman saya yang tertipu.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
2. Cek Profile Dari Si Penjual
Jika anda ingin bertransaksi online anda harus tahu dulu profile si penjual barang tersebut, jangan tergiur harga murah yang ditawarkan. Cek apakah itu akun asli atau akun klonengan, jika asli telusuri dulu siapa dia dan catat informasi penting mengenai data diri si penjual sepeti nama, alamat rumah, dll.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
3. Gunakan Jasa Rekening Bersama Yang Terpercaya
Rekening bersama bisa anda gunakan ketika anda belum terlalu percaya dengan si penjual, rekening bersama juga bisa menjadi pilihan yang lebih aman, misalnya rekening bersama tokopedia. Tapi anda juga harus hati-hati ketika memilih rekening bersama, karena bisa saja yang dijadikan rekber itu malah seorang penipu yang satu komplotan dengan si penjual.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
4. Cari Testimony Yang Sudah Pernah Bertransaksi Dengan Si Penjual Dan Si Penyedia Jasa Rekening Bersama.
Jika anda ingin bertransaksi online, anda juga harus memeriksa testimony dari para orang yang sudah pernah bertransaksi dengan si penjual dan si rekber. Jika ada orang yang sama dengan anda yakni orang yang ingin membeli barang ke si penjual  dan menggunakan jasa si rekber, lihat dulu testimoninya atau anda bisa langsung bertanya ke orang yang ingin atau sudah pernah bertransaksi dengan mereka.

5. Perhatikan Kebijakan Toko Online Tersebut
Seringkali Anda akan di minta untuk menyebutkan identitas seperti nama, nomor telepon hingga alamat lengkap untuk kepentingan pengiriman barang. Berhati-hatilah. Pertama, jangan sampai ada poin kebijakan yang menyebutkan pengelola situs boleh memberikan data pribadi Anda ke pihak lain.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
Kedua, bacalah kebijakan tentang pengembalian barang. Karena, barang yang diperjual-belikan tak dapat ditinjau langsung secara fisik oleh pembeli, Anda harus meminta garansi apabila barang yang dikirim ternyata cacat atau tidak sesuai dengan yang Anda pesan. Pastikan Anda dapat menukar barang yang cacat itu kembali, dengan barang yang baru maupun garansi uang kembali.

Dengan adanya garansi jika barang cacat dapat dikembalikan. Maka toko online tersebut merupakan toko yang cukup profesional dan patut untuk Anda pertimbangkan.

6. Perhatikan Detail Produk
Barang yang bagus tentu memiliki detail informasi yang cukup lengkap. Semakin detail ulasan produk yang diinformasikan maka kemungkinan barang yang dijual memiliki kualitas yang cukup baik. Untuk itu, Usahakan untuk tidak memilih atau membeli suatu produk yang tidak memiliki keterangan yang lengkap.

7. Pastikan Keamanan Situs Web Toko Online
Bagaimana cara mengenali situs toko online yang Aman? Perhatikan tanda gambar berupa gembok di baris status browser di bagian kiri atas. Sebelum bertindak lebih lanjut, seperti memasukkan informasi pribadi, pastikan tanda itu ada.

Yang kedua, alamat situs yang berakiran .co.id merupakan alamat toko online yang cukup profesional dan sangat terpercaya. Hal itu karena pembelian domain .co.id harus menyerahkan berkas-berkas penting seperti KTP, surat ijin perdagangan dan lain-lain. Berbeda dengan domain .com yang pembilan tanpa ada syarat tertentu.

Untuk itu membeli suatu barang pada alamat website .com juga perlu diteliti terlebih dahulu.

8. Menimbang Cara Pembayaran
Cobalah memilih toko online yang menyediakan pembayaran via kartu kredit. Karena, jika ada hal yang tak diinginkan, Anda akan memiliki bukti yang kuat bahwa Anda benar-benar telah melakukan transaksi. Misalnya barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Alternatif jenis pembayaran lainnya adalah dengan cara bayar di tempat atau yang sering disebut dengan istilah COD (Cash on Delivery).

9. Bandingkan Harga Total
Penambahan biaya biasa terjadi saat Anda bertransaksi online. Selain harga pokok barang, Anda juga dikenai biaya pengiriman. Perhatikan juga jika Anda mendapatkan diskon, pastikan harga total adalah harga akhir setelah diskon dan penambahan biaya kirim. Cobalah membandingkannya dengan harga barang serupa di online shop lain, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah!

10. Simpanlah Bukti Transaksi
Ada beberapa yang perlu Anda simpan seperti kuitansi, salinan percakapan transaksi, nota, bukti transfer, termasuk deskripsi produk dan harga barang yang Anda beli. Mintalah nomor resi pengiriman barang sesaat setelah barang dinyataan telah dikirim.
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
Semua itu penting untuk Anda simpan, untuk menghindari kesalahpahaman dan dapat menjadi bukti transaksi serta kesepakatan Antara penjual dan pembeli.

11. Waspadai Phishing dan Pharming
Sudah tahu apa istilah phishing dan pharming? Jika belum, mari kita berkenalan. Kedua istilah itu mengacu pada teknik penipuan online untuk mencuri informasi keuangan pribadi seperti nomor kartu kredit. Phishing adalah email penipuan yang seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank atau perusahaan kartu kredit. Email ini mungkin mengajak Anda untuk melakukan berbagai hal — misalnya memverifikasi informasi kartu kredit, meng-update password dan lainnya.

Harus dipahami bahwa perusahaan yang sah tidak akan melakukan hal itu melalui email. Jika Anda menerima email dengan permintaan semacam itu, hapus saja. Nah, yang agak lebih sulit untuk dideteksi adalah Pharming. Ini mengacu pada sebuah halaman web palsu yang dibuat oleh penipu sehingga mirip halaman akhir dari sebuah situs belanja.

Jika Anda mengklik checkout, Anda akan dibawa pada halaman milik sang penipu dan diminta untuk memasukkan data-data pribadi. Cara paling baik untuk melindungi diri dari Phishing dan Pharming, adalah dengan memiliki piranti lunak keamanan yang ter-update. Misalnya, Norton Internet Security 2010 atau Norton 360.

Sebagai tambahan, pastikan Anda mengetikkan secara manual halaman web toko online di browser Anda. Jangan mengklik lewat tautan yang ada di email atau tempat lain.

12. Kredit, Jangan Debit
Ini satu tips belanja online yang patut didengarkan: gunakan kartu kredit, bukan kartu debit. Lho, kenapa? Karena kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan, kiriman yang hilang dan barang yang rusak serta berbagai masalah lainnya. Pastikan penyedia kartu kredit Anda menawarkan hal itu.
Masalah utama dari kartu debit, jika digunakan online, adalah bahwa kartu itu merupakan sambungan langsung ke rekening bank Anda. Jika penipu berhasil mencuri nomor kartu kredit mereka, bencana yang timbul mungkin tak terlalu besar. Tapi bayangkan jika yang bobol adalah kartu debit Anda..

Rekening tabungan bertahun-tahun bisa ludas dilahap para pencuri. Anda bisa kepayahan menutupi kekacauan itu sementara masih banyak tagihan yang harus dibayarkan. Jadi, percayalah, gunakan kartu kredit saja untuk belanja online!
12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online
Dan itulah 12 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Transaksi Online, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Sekian Dan Terimakasih.

5 komentar:

  1. buat belanja online sih ane selalu perhatikan hal penting ini..
    lebih baik ya pake kartu kredit drpd kartu atm ?

    BalasHapus
  2. Wah ni tips penting banget gan dengan adanya perkembangan zaman model kejahatan makin variasi saja gan

    BalasHapus
  3. belanja online emang asik tapi selalu bikin was was kalo kurang merhatiin hal hal kayak artikel diatas

    BalasHapus
  4. bener banget, kalau mau belanja online, harus banyak yang diperhatikan

    pengen tahu keunikan keunikan disekitar kita
    hanya di www.ssk-unik.com

    BalasHapus
  5. mantap om informasinya ,,,, berguna bagi pemula kaya saya :D

    BalasHapus